Sabtu, 12-10-2024
  • SMP Negeri 2 Prambon - Kabupaten Nganjuk, Jawa TimurBerprestasi Berdasarkan Iman Dan TaqwaEsprada! Jaya Jaya Jaya Luar Biasa!

Hobi Ikut Lomba, Siswa SMP Negeri 2 Prambon Harumkan Nama Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Prestasi
Wildan memeroleh medali dalam ISC.

Yahya Eka Wildan Nasuha merupakan salah satu siswa SMP Negeri 2 Prambon yang saat ini duduk di kelas 9. Wildan telah meraih penghargaan di beberapa perlombaan di bidang Matematika dan IPA (MIPA). Apa yang dicapai Wildan tentu saja membutuhkan banyak perjuangan.

“Suka pelajaran IPA dari SD,” terang Wildan. Wildan sudah memiliki minat pada pelajaran IPA sejak masih duduk di sekolah dasar dan terus dikembangkan pada saat masuk di SMP Negeri 2 Prambon. Untuk mata pelajaran matematika dan IPA Wildan selalu mempelajari materi secara mandiri, ia bahkan sudah menyusun agenda belajarnya sehari-hari.

“Karena saya punya tujuan yang ingin saya capai.” Ungkap Wildan saat ditanya alasannya suka mengikuti perlombaan atau olimpiade MIPA yang diadakan oleh berbagai macam lembaga. Wildan biasanya mencari informasi mengenai olimpiade MIPA melalui Instagram.

Pada 25 September 2022 Wildan mengikuti Indonesian Science Competition. Ia juga membawa pulang sebuah medali dari kompetisi tersebut. Baru-baru ini Wildan juga turut serta dalam beberapa olimpiade MIPA tingkat Provinsi dan Nasional.

“Tanggal 7 dan 8 Januari 2023.” Ungkap Wildan. Pada 7 dan 8 Januari Wildan mengikuti beberapa lomba MIPA yang diselenggarakan secara daring oleh beberapa lembaga. Wildan meraih Juara Harapan 1 Tingkat Provinsi dan Juara 7 tingkat Nasional dalam Olimpiade Sains Pelajar Nasional yang diadakan oleh Sigma Sains Indonesia. Ia juga masuk dalam 10 besar tingkat Provinsi Jawa Timur (juara 7) dan Nasional (juara 8) dalam Olimpiade Siswa Tingkat Nasional yang diadakan oleh Delta Competition. Tak ketinggalan dalam Kompetisi Sains Pythagoras Nasional yang diadakan oleh Pythagoras Institute, Wildan juga memperoleh urutan ke tujuh siswa yang memiliki skor tertinggi.

“Harus punya tujuan atau mindset.” Ungkap Wildan. Sederet prestasi tak mungkin dicapai dengan mudah dan instan. Wildan percaya bahwa perasaan cinta belajar harus didorong oleh beberapa hal salah satunya harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki pola pikir/ mindset yang konsisten. Wildan juga menjelaskan bahwa rasa cinta belajar dapat dibentuk oleh lingkungan yang ambisius dan kesadaran bahwa belajar merupakan langkah meningkatkan kompetensi.

Infografis Tips Cinta Belajar

“Terus tingkatkan kompetensi dan mengelilingi diri dengan orang-orang dengan potensi lebih tinggi,” jelas Wildan. Wildan menilai bahwa seorang pelajar harus selalu mawas diri dan memiliki kemauan untuk terus berkembang. Selain itu, seorang pelajar harus memilih pergaulan yang tepat agar terbentuk jiwa kompetitif, sportif, dan kemauan untuk maju. Wildan percaya bahwa hal yang paling penting untuk dapat meraih cita-cita adalah pengalaman yang bersumber dari berbagai hal.

“Semoga dengan mengikuti perlombaan, kompetensi yang tertanam dalam diri saya meningkat sehingga dapat meraih cita-cita,” harap Wildan. Wildan berharap dengan mengikuti banyak perlombaan, kemampuannya terus berkembang sehingga dapat membantunya dalam mewujudkan impian. []

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan