Senin, 07-10-2024
  • SMP Negeri 2 Prambon - Kabupaten Nganjuk, Jawa TimurBerprestasi Berdasarkan Iman Dan TaqwaEsprada! Jaya Jaya Jaya Luar Biasa!

Siswa SMP Negeri 2 Prambon Jadi Salah Satu Peserta Jambore Nasional

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Prestasi
Kevin Billy Aprilyan salah satu peserta Jambore Nasional 2022

Jambore Nasional merupakan pertemuan pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Jambore nasional diadakan setiap lima tahun sekali oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Peserta jambore nasional berasal dari perwakilan masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia. Salah satu peserta jambore nasional 2022 yang mewakili Kabupaten Nganjuk adalah Kevin Billy Aprilyan, siswa SMP Negeri 2 Prambon. Kevin harus melalui dua seleksi untuk dapat mewakili Kabupaten Nganjuk bersama 16 penggalang lainnya dalam Jambore Nasional. Kevin harus mengerjakan tes tulis dan mengikuti tes wawancara untuk dapat bergabung dalam regu yang akan dikirim dalam Jambore Nasional mewakili Kabupaten Nganjuk.

“Sekitar dua bulan. Itu juga dadak banget,” ungkap Kevin. Kevin melakukan persiapan untuk Jambore Nasional selama dua bulan. Persiapan tersebut meliputi persiapan pemberkasan dan persiapan untuk tes. Kevin menyebut kegiatan tersebut mendadak, karena sempat ada kabar bahwa Jambore Nasional akan diundur. Hal tersebut disebabkan oleh kembali maraknya wabah Covid-19 di Indonesia, namun pada akhirnya kegiatan Jambore Nasional 2022 diadakan di Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2022.

“Mempelajari materi sih. Belum buat persyaratan berangkat ke sana.” Ungkap Kevin. Untuk persiapan menjadi peserta Jambore Nasional 2022, Kevin mempersiapkan banyak hal. Ia mempelajari beberapa materi untuk persiapan tes, seperti tali temali, pioneering, sandi, dan sejarah kepramukaan. Kevin juga mempersiapkan seluruh berkas persyaratan dengan dibantu oleh Pembina Pramuka SMP Negeri 2 Prambon. 

“Banyak. Lebih dari seratus anak,” kenang Kevin. Di Kabupaten Nganjuk menurut penuturan Kevin ada lebih dari seratus peserta tes hingga akhirnya dipilih 16 penggalang untuk berangkat ke Cibubur. 16 penggalang itu terbagi menjadi dua regu yaitu regu putri yang terdiri atas delapan penggalang dan regu putra yang terdiri atas delapan penggalang. Kevin tergabung dalam Regu Garuda dan terpilih menjadi pemimpin regu. 

Kevin bersama regu garuda.

“Saya paling suka ketika kegiatan outbond sama kampung digital,” ungkap Kevin. Dalam Jambore Nasional terdapat berbagai macam kegiatan, namun yang paling disukai Kevin adalah outbond dan kampung digital. Alasannya karena dalam kegiatan outbond, Kevin dapat bermain di luar ruangan sambil belajar. Sedangkan dalam kegiatan kampung digital, Kevin mendapat pengetahuan baru mengenai pengenalan teknologi digital. 

“Pengalaman tentang kebersamaan dan arti kepercayaan dengan teman atau sahabat atau rekan atau siapapun yang sedang bersama kita,” kata Kevin. Selain dapat mengahrumkan nama sekolah, Kevin juga mendapat banyak teman baru serta pengalaman berharga setelah mengikuti Jambore Nasional. []

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan